U2 adalah kelompok musik asal Irlandia yang dibentuk pada 1976. U2 terdiri dari Paul David Hewson (Bono) pada vokal dan gitar, David Howell Evans (The Edge) di gitar, piano dan bas, Adam Clayton pada bas dan gitar, serta Larry Mullen Jr pada drum.

Grup band ini awal mulanya bertemu lewat audisi dari iklan mading di sebuah sekolah di Irlandia. Saat itu mereka masih menggunakan nama Feedback dan berganti nama menjadi Hype di 1997. Baru setelah ditinggalkan oleh salah satu personilnya, mereka menggunakan nama U2. Mengutamakan instrumen gitar, saat itu warna musik U2 cenderung post-punk.

Pada 1980, gaung U2 mulai dilirik oleh perusahaan rekaman Island Records dan hasilnya sebuah album perdana berhasil dirilis oleh U2. Namun nama U2 mulai dikenal publik saat merilis album kedua, WAR pada 1983 dengan hit single Sunday Bloody Sunday.

U2 mulai mengembangkan sayapnya, tak hanya di Inggris saja, tapi mulai menggempur Amerika. Grup yang sempat dijuluki Band 1980-an oleh majalah The Rolling Stone ini benar-benar berada di puncak saat album THE JOSHUA dirilis pada 1987.

Sampai 30 kemudian, nama besar U2 masih berjaya sebagai salah satu band paling berpengaruh di dunia dan telah mendapat banyak penghargaan, termasuk penghargaan bergengsi Grammy Awards.

Album terbaru U2, NO LINE ON THE HORIZON dirilis pada 27 Februari 2009. Album ke-12 ini sebenarnya telah direkam pada 2006. Namun, saat itu ditangguhkan. Dan pada Juni 2007 mulai direkam kembali dan berhasil dirilis pada 2009, termasuk single Get On Your Boots and Magnificent di dalam album ini.

U2 menggantungkan cita-cita setinggi langit pada album ke-12, yg direkam bersama Brian Eno dan Daniel Lanois serta menggabungkan pelajaran sepanjang karir : anthem era Joshua Tree, music era 90-an yg abstrak dan modern; dan fokus yg diperbaharui pada decade terakhir. Hasilnya adalah album tulus dengan puncak puncak memukau: “Magnificent” yg megah, “No Line on The Horizon” yg enerjik, serta “I’ll Go Crazy if I Don’t Go Crazy Tonight” yg mengajak berpesta. Bono mengisinya dengan hasrat gospel, bahkan saat merasa ragu dan hilang pada “Unknown Caller” – tapi tak ada yg mengalahkan “Moment of Surrender”.

Bono bernyanyi tentang pecandu yg naik kereta bawah tanah dalam keadaan bingung, lalu tak mengenali bayangan sendiri di jendela ATM. Balada paling mengiris hati yg pernah diciptakan U2 – atau siapa pun- sejak “One”. Salut buat U2 !!!

Baru-baru ini U2 jg menggelar tur Eropa dalam tajuk U2 3600 , dengan beberapa band pembuka yg tak kalah berkelas seperti Muse, Snow Patrol, dll. Ingin dengar Album No Line on The Horizon ? atau melihat spektakulernya konser U2 di Barcelona ? Silahkan download, atau jika punya rasa bersalah berlebih beli CD & DVD nya.